Resep Tahu Gimbal Sensasi Sayuran Gurih

Advertiser
Advertiser

Konon tahu gimbal adalah masakan khas Kota Semarang, Jawa Tengah. Tapi, coba amati lebih jauh. Anehnya, penjaja menu yang sudah pasti khas nusantara (Indonesia) ini, mayoritas bukan berasal dari Semarang. Perlu diketahui, gimbal adalah sebuah makanan yang terbuat dari udang yang dicampur dengan tepung gandum, tepung tepung beras dan air, kemudian digoreng hingga garing.

Di Semarang, ada satu kawasan yang mayoritas pedagangnya menjual tahu gimbal. Lokasinya tepat di pusat Kota Semarang, yakni di Taman KB, Jalan Menteri Supeno. Bisa jadi, hal itu yang membuat banyak orang, baik warga Semarang ataupun warga luar kota, yang menyebut tahu gimbal adalah sajian kuliner khas Kota Semarang.

Padahal, itu belum tentu benar. Ada juga beberapa daerah lain di Jawa Tengah yang menyebut bahwa tahu gimbal adalah makanan khas daerah mereka. Blora, salah satunya. Bila bertandang ke wilayah Blora dan sekitarnya, pasti mudah menemukan warung makan bertema "Tahu Telor Khas Blora". Memang tidak menyebut gimbal secara langsung. Tapi, mayoritas pemilik warungnya juga menyajikan menu tahu gimbal.

Tak peduli khas Semarang atau Blora, yang pasti tahu gimbal menawarkan cita rasa yang begitu menggoda selera. Cita rasa yang menonjol pada menu tahu gimbal ada pada saus kacang yang terasa begitu gurih dan manis. Menu ini biasa disantap dengan lontong (beras yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang) atau nasi. Di tambah dengan telur ceplok dan beberapa jenis sayuran, pantaslah bila menu ini di golongkan pada menu makanan komplit.

Sama dengan resep tahu gimbal pada umumnya, resep tahu gimbal sensasi sayuran gurih ini terasa begitu gurih dan manis. Tapi, sensasi rasanya ada yang sedikit berbeda dengan tahu gimbal pada umumnya. Ada sensasi gurih pada cita rasa sayurnya.

Ingin tahu? Silakan simak resep tahu gimbal goreng sensasi sayuran gurih berikut ini. Simak juga tipsnya.


Bahan untuk membuat tahu gimbal sensasi sayuran gurih:
1. Gimbal udang . Potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Resep serta cara membuatnya selengkapnya ada pada resep gimbal udang gembung (crispy, empuk & renyah).
2. Saus kacang. Bahan yang dipakai terdiri atas: 100 gram kacang tanah goreng, seperempat siung bawang putih untuk tiap porsi, 2 buah cabai rawit untuk tiap porsi (jumlah cabai dapat disesuaikan serala), garam serta cairan kecap yang terdiri atas kecap manis, gula jawa dan air, kemudian diaduk hingga tercampur rata.
3. 1 buah tahu (tofu) putih untuk setiap porsi, potong bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan.
4.  0,5 lembar tempe, dipotong dadu dengan ukuran sesuai selera. Jumlah potongan tempe untuk tiap porsi disesuaikan selera.
5.  Sayuran sebagai pelengkap: kol dipotong-potong agak lebar dan taoge, dicuci bersih dan tiriskan.
6. Bawang goreng secukupnya.
7. Emping secukupnya.
8. Lontong (ini cara membuat lontong agar tak cepat basi) atau nasi putih (ini trik menanak nasi hemat listrik) secukupnya.
9. Minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng.
10. Jeruk nipis.


Tips membuat atua mengolah resep tahu gimbal sensasi sayuran gurih:
1. Sayuran harus selalu digoreng bila ingin mendapatkan sensasi rasa gurih pada sayuran.
2. Setelah dicuci bersih, rendam udang dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.


Cara membuat tahu gimbal sensasi sayuran gurih:
1. Membuat saus (sambal) kacang: Haluskan bawang putih bersama cabai. Tambahkan 2,5 sendok makan kacang tanah goreng, kemudian dihaluskan hingga semua bahan tercampur. Siram dengan cairan kecap manis dan tambah garam secukupnya. Haluskan hingga semua tercampur rata. Sisihkan.
2. Goreng kol dan taoge dengan cara memasukkan ke dalam minyak goreng yang benar-benar panas lebih kurang selama 30 detik. Ini yang membuat sayuran pada menu tahu gimbal menjadi terasa lebih gurih.
3. Penyajian: Letakkan nasi atau lontong yang telah dipotong-potong di piring saji. Susun gimbal udang, tahu goreng, sayuran dan emping di atas lontong atau nasi. Siram dengan saus (sambal) kacang dan taburkan bawang goreng. Tahu gimbal sensasi sayuran gurih siap disajikan dengan terlebih dahulu diberi air jeruk nipis.

Terapkan setiap petunjuk yang ada pada resep tahu gimbal sensasi sayuran gurih ini supaya hasilnya memuaskan selera Anda.
    Advertiser