Trik Menjaga Kesegaran Ikan Supaya Lebih Tahan Lama

Advertiser
Advertiser
Kesegaran ikan memiliki peran penting dalam menciptakan sebuah masakan yang lezat dan sehat. Pasalnya, bila tidak segar, ikan bakal mengeluarkan aroma yang tidak bersahabat. Kalau sudah demikian, air jeruk nipis atau lemon, puntak akan bisa mengatasi bau tersebut.

Nah, maka dari itu, sebelum membeli ikan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengecek kesegarannya. Mata ikan yang masih segar umumnya berwarna bening atau jernih dengan ekor yang utuh tidak rusak. Bila dua syarat itu tidak Anda temukan, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membelinya. Tapi, bila dua syarat tersebut sudah terpenuhi, silakan segara dibeli bila harganya wajar. Kemudian, langkah yang harus Anda tempuh adalah menerapkan trik menjaga kesegaran ikan sesaat setelah dibeli.


Sampai di rumah, bila tidak ingin langsung dimasak, Anda harus menerapkan trik yang berikut ini. Dengan mengaplikasikan trik ini, dijamin ikan yang Anda beli bakal lebih awet. Bahkan, bila pengaplikasiannya tepat, ikan tersebut masih tetap bisa diolah meski sudah disimpan selama 2 bulan.

Usai membeli ikan, keluarga dari bungkusnya. Karena kondisinya masih segar, disarankan tidak mencucinya dengan air. Anda cukup mengeringkan ikan yang masih dalam kondisi basah tersebut dengan tisu. Lap ikan hingga dirasa benar-benar kering.

Setelah itu, bungkis ikan dengan alumunium foil hingga tertutup rapat. Simpan ikan tersebut di dalam kulkas, yaitu bagian yang memiliki suhu paling dingin. Ya, di bagian freezer. Pasalnya, bagian tersebut umumnya yang paling dingin. Adapun suhu yang dibutuhkan untuk mengawetkan ikan dengan cara dibekukan adalah 0 derajat celcius sampai minus 3 derajat celcius.

Advertiser