Resep Minuman Khas Melayu: Es Teh Tarik

Advertiser
Advertiser
Pernahkah Anda mendengar menu minuman bernama teh tarik? Salah satu dari sekian banyak aneka minuman segar ini, kini bisa Anda buat sendiri di rumah, lho. Yuk, intip resep minuman  Es Teh Tarik berikut ini!


















Bahan-Bahan:

1 kantung Teh Celup
200 ml Air Panas
20 ml Susu Kental Manis
Es Batu secukupnya
Cara Membuat:

Seduh 1 kantung Teh Celup  di dalam air panas selama 3-4 menit. Kemudian, diamkan hingga dingin.
Campur air teh yang sudah dingin dengan susu kental manis dan es batu ke dalam shaker.
Kocok hingga teh berbuih, lalu tuangkan ke dalam gelas saji.
Es Teh Tarik ala Melayu ini siap untuk disajikan.
Cara membuatnya sangat mudah, bukan? Teh tarik ini juga dapat diminum dalam keadaan panas. Resepnya pun sama dengan cara membuat teh tarik dingin. Hanya saja, Anda tidak perlu mendiamkan air teh hingga dingin dan tidak menambahkan es batu.

Teh tarik adalah minuman yang banyak dijual di negara-negara Asia Tenggara, terutama Malaysia. Minuman ini juga bisa Anda temukan di Singapura dan Indonesia. Dinamakan teh tarik karena proses pembuatannya adalah dengan menuang teh susu dari satu gelas ke gelas lainnya. Mamak (orang India Muslim) yang meracik minuman ini tampak seperti sedang menarik atau melempar teh susu dari satu gelas ke gelas lainnya. Si penjual melakukannya berulang kali hingga teh tarik mengeluarkan buih atau busa.

Ajaibnya, walaupun teh susu tersebut dituang dari gelas satu ke gelas lainnya dengan jarak yang cukup jauh, tetapi air teh susu tidak tumpah sedikit pun. Si penjual memiliki alasan tersendiri untuk melakukan tradisi ‘tarik-menarik’ ini ketika membuat teh tarik. Alasannya, dengan proses pembuatan seperti itu, maka rasa dan aroma teh tarik akan menjadi semakin pekat dan nikmat.

Teh tarik adalah satu dari begitu banyak aneka minuman segar  khas Melayu. Minuman ini juga cukup populer di Aceh, lho. Teh tarik akan menjadi semakin lezat jika dinikmati sambil menyantap roti tisu dan roti canai khas Malaysia. Daripada terus membeli minuman ini di luar, pasti lebih menyenangkan untuk membuat minuman ini di rumah. Selain lebih higienis, Anda juga bisa menakar sendiri rasa manis yang Anda inginkan di tiap gelasnya. Yuk, coba buat minuman ini di rumah!
Advertiser